Thursday, March 28, 2013

Cara Mudah Mempersiapkan Perjalanan Tanpa Ikut Agen Perjalanan Wisata(Bagian I)

persiapan perjalanan

Sibuk dengan rutinitas harian akan membawa Anda pada kejenuhan. Untuk menghilangkannya sempatkan diri Anda untuk liburan atau berwisata dengan sahabat ataupun keluarga.

Mulailah mencari tempat mana saja yang menjadi tujuan wisata Anda. Bagi Anda yang tidak mau repot dan mempunyai banyak uang bisa menghubungi agen perjalanan untuk mempersiapkan acara wisata Anda. Namun, untuk Anda yang mau berhemat, bisa  melakukan 8 langkah berikut untuk mewujudkan rencana jalan-jalan hemat Anda.

1.Tentukan kapan waktu Anda akan berwisata

Kapan sih waktu yang tepat untuk berwisata? Ada beberapa pertimbangan dalam menentukan waktu yang “tepat” untuk jalan-jalan. Yang pertama adalah kapan waktu Anda dan keluarga atau sahabat bisa menyempatkan waktu untuk pergi berwisata bersama.

Kedua, jika negara tujuan wisata Anda mempunyai 4 musim, waktu yang tepat untuk berkunjung adalah menjelang musim panas dan musim gugur. Kenapa? Karena pada waktu tersebut cuacanya cukup bersahabat bagi kita yang tinggal di negara 2 musim. Hindari musim panas. Karena biasanya suhu udara lebih panas dari musim kemarau di Indonesia. Dan jika Anda tidak kuat dengan udara dingin, jangan ambil resiko berwisata pada musim dingin. Bukannya Anda bersenang-senang malah Anda sakit dan tidak bisa kemana-mana.

Ketiga, hindari peak season (baca: musim liburan) di negara tujuan karena penginapan dan tempat wisata akan penuh oleh warga lokal. Harga penginapan pun biasanya memasang tarif yang lebih mahal.

2. Hunting tiket pesawat murah

Banyak maskapai penerbangan yang menawarkan promo harga murah. Sebut saja AirAsia dengan jargon “Anyone can fly” - nya memang terbukti membuat jutaan orang, termasuk Saya, bisa wisata ke luar negeri dengan biaya tiket pesawat yang murah. Saya nggak promosiin AirAsia loh yah, cuma berbagi pengalaman saja hehe...

Anda bisa berlangganan newsletter dari maskapai penerbangan favorit Anda untuk       mendapatkan email promosi yang mereka adakan. Caranya adalah dengan mendaftarkan email Anda pada area member.

3. Buat budget perjalanan

Nah, setelah dapat tiket. Tiba saatnya menyusun budget perjalanan. Bagi sebagian orang, mereka sudah mengalokasikan sebagian tabungan  untuk biaya perjalanan wisata. Yang menjadi masalah disini adalah haruskah semua alokasi dana untuk jalan-jalan dihabiskan dalam satu kali perjalanan wisata?

4. Susun jadwal perjalanan

Tentukan tempat mana saja yang mau Anda kunjungi. Tempat yang lokasinya berdekatan dapat Anda kunjungi dalam satu hari untuk menghemat biaya transportasi.

Jadwal perjalanan yang Anda buat sifatnya adalah fleksibel dan dapat Anda sesuaikan dengan keadaan saat perjalanan dilakukan. Dengan membuat jadwal perjalanan, Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk menentukan tujuan saat sudah sampai di luar negeri. “Rugi kan kalau sudah sampe di negara tujuan tapi masih mikir kelamaan dan ribut-ribut mau pergi tempat mana.”

 Baca selanjutnya disini!

0 comments:

Post a Comment