Wednesday, April 10, 2013

Tips Packing ke Luar Negeri Bagi Para Backpacker (bagian II)


Penyambung pembahasan Saya pada bagian sebelumnya mengenai barang bawaan Anda saat berlibur atau berwisata dengan menggunakan pesawat terbang. Pemilihan tas yang tepat dan jenis pakaian apa saja yang dibawa merupakan dalam hal-hal yang harus diperhatikan.

Benda Cair
Peraturan penerbangan internasional membatasi jumlah benda cair yang boleh dibawa masuk ke kabin, yaitu ukuran per botolnya maksimal 100 ml (dengan total cairan yang boleh dibawa masuk ke kabin sejumlah 1 liter). Jadi jika Anda mau bawa cairan 1 liter harus dibagi ke dalam 10 botol yah. Semua benda cair harus dikumpulkan dalam kantong plastik transparan yang mudah dibuka.

Yang dimaksud dengan benda cair, tidak hanya yang benar-benar cair tetapi termasuk juga gel, spray, lotion, saus dan odol. Ada pengecualian untuk membawa produk makanan dan minuman bayi. Tentu saja si bayi harus ikut dalam penerbangan bersama Anda.

Benda cair lain yang nggak perlu mengikuti peraturan maksimum 100 ml adalah yang dibeli di toko bebas cukai (duty free) dalam bandara, contohnya parfum atau minuman alkohol. Toko akan mengemas  barang tersebut dalam kantong transparan khusus agar diketahui oleh petugas

Benda Tajam dan Berbahaya
Benda tajam tidak diijinkan masuk ke dalam kabin dengan alasan apapun. Bersiaplah disita petugas jika Anda membawa gunting, cutter, pisau atau benda yang berpotensi sebagai benda tajam.

Benda yang dapat menimbulkan ledakan seperti korek api, cat , thinner, petasan, kembang api juga dilarang dibawa masuk ke dalam kabin.

Timbang Barang Bawaan

Untuk memastikan Anda tidak kelebihan berat barang bawaan, timbang dulu barang bawaan Anda.

Beri toleransi sekitar 1 kg lebih sedikit dari berat yang ditentukan untuk menghindari kelebihan beban. Karena timbangan maskapai bisa jadi berbeda kalibrasinya dengan timbangan Anda di rumah.

Biasanya maskapai penerbangan memberikan toleransi kelebihan berat 1 kg dari barang bawaan Anda.

Contohnya: Anda menyewa bagasi 20 kg, maka jika ketika ditembang berat barang Anda 21 kg, Anda masih aman, tidak dikenakan biaya kelebihan muatan.

Happy Packing Guys!!!

0 comments:

Post a Comment