Tuesday, April 9, 2013

Tips Packing ke Luar Negeri Bagi Para Backpacker (bagian I)



Hai Sobat Jalan Jalan,

Apa kabar?

Tahun ini Anda sudah punya rencana berlibur kemana? Sudah sampai mana persiapannya? Jika luar negeri menjadi tujuan wisata Anda. Pastikan masa berlaku passport Anda minimal 6 bulan dari tanggal keberangkatan.

Bepergian wisata kemana pun, Anda pasti membawa barang bawaan. Untuk perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang, biasanya pihak maskapai penerbangan menentukan limit barang yang diijinkan dibawa masuk ke kabin adalah 7 kg per penumpang. Dan Anda harus menyewa bagasi sesuai kebutuhan meskipun ada beberapa maskapai yang sudah memberikan free bagasi bagi para penumpangnya.

Apabila berat bagasi Anda melebihi berat bagasi yang Anda sewa atau yang diberikan free oleh pihak maskapai, Anda akan dikenakan biaya kelebihan muatan bagasi (excess baggage)

Masalah packing menjadi salah satu yang penting bagi Anda traveller dengan budget minimal seperti saya hehe... Anda bisa saja membawa koper besar dan menyewa bagasi, atau semuanya Anda bawa masuk ke dalam kabin, dengan catatan tidak lebih dari 7 kg.

Pemilihan Tas

Jika Anda memilih tas koper beroda untuk ditarik, tentunya tas nya saja memiliki bobot yang cukup berat. Koper saya saja dalam keadaan kosong beratnya 3 kg. Padahal Saya sudah beli yang ultra light alias super ringan. Belum lagi diisi dengan barat bawaan Anda. Kebayang dong beratnya. Jadi, sudah pasti Anda harus memasukkan koper Anda ke bagasi pesawat.

Pilihlah tas ransel atau tas jinjing yang ringan untuk membawa barang-barang Anda ke kabin pesawat. Tas ransel berukuran 35 liter dapat menjadi ukuran yang pas bagi Anda yang mau membawa masuk barang bawaan ke kabin.

Pakaian

Bawa pakaian seperlunya saja. Tidak usah terlalu banyak. Toh, dalam perjalanan Anda dapat membeli pakaian. Biasanya Guesthouse/Hostel menyediakan fasilitas mesin cuci dan detergen nya. Atau di tempat tujuan wisata, Anda bisa menemukan jasa layanan laundry yang bisa dimanfaatkan

Bawa pakaian yang tipis. Pakaian yang berat seperti celana jeans dan jaket tebal sebaiknya dipakai saat berangkat. Selain meringankan bawaan Anda, berat badan Anda tidak akan ditimbang saat masuk kabin pada penerbangan komersial.

Anda juga bisa memakai celana kargo untuk memanfaatkan sakunya sebagai tempat penimpanan barang bawaan seperti camera, buku bacaan, topi, kacamata dan lainnya.

Lanjut ke bagian II yah ... see you

0 comments:

Post a Comment