Thursday, March 28, 2013

Cara Mudah Mempersiapkan Perjalanan Tanpa Ikut Agen Perjalanan Wisata(Bagian II)

hemat traveler

Hai Teman-teman,

Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas 4 langkah pertama yang dapat teman-teman lakukan untuk melakukan jalan-jalan hemat.

Nah berikut ini, saya akan membahas 4 langkah berikutnya.

5. Booking penginapan (hotel/villa/guesthouse)

Anda bisa booking penginapan melalui 2 cara, yaitu:

  • booking langsung ke pihak penginapan
  • beli voucher dari pihak ketiga. Bisa melalui agen perjalanan ataupun membeli secara online seperti di agoda.com; hostelworld.com; booking.com; dan masih banyak lagi
Mana yang lebih murah? Biasanya beli voucher lebih murah dibandingkan beli langsung ke pihak penginapan. Namun tidak ada salahnya, Anda juga membandingkan harga langsung ke pihak penginapan yang bersangkutan.

6. Mengurus Visa kunjungan (jika dibutuhkan)

Untuk berkunjung ke negara ASEAN, Anda tidak membutuhkan visa kunjungan. Namun berkunjung ke negara bukan ASEAN, Anda wajib mengajukan visa ke Kedutaan Besar Negara yang bersangkutan.

Biasanya masa berlaku visa kunjungan turis adalah 90 hari sejak waktu visa dikeluarkan. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengurus pengajuan visa 1 sampai 1 ½ bulan sebelum waktu keberangkatan.

7. Packing time

Buat daftar barang apa saja yang mau Anda bawa supaya tidak ada yang tertinggal. Dan ada baiknya packing barang-barang Anda satu minggu sebelum keberangkatan supaya jika Anda barang yang harus Anda beli atau mau Anda pinjam bisa dibeli/dipinjam dahulu.

Sesuaikan pakaian yang Anda bawa dengan musim yang sedang berlangsung di negara tujuan yah. Jangan salah kostum!

8. Berangkat

Periksa kembali semua barang bawaan Anda. Jangan sampai ada yang ketinggalan. Dokumen perjalanan seperti passport, tiket pesawat sebaiknya Anda simpan pada bagian tas yang mudah dijangkau supaya mempermudah Anda saat periksaan di imigrasi. Dan siapkan uang Rp 150.000,- untuk membayar airport tax di bandara.

Jalan-jalan ke luar negeri, Anda membutuhkan passport. Perhatikan masa berlaku passport Anda, minimal 6 bulan dari tanggal keberangkatan. Atau Anda tidak akan diperbolehkan melakukan penerbangan.

Periksa dahulu masa berlaku passport Anda saat merencanakan pergi wisata. Segera perpanjang jika masa berlakunya sudah hampir habis. Bagi Anda yang belum memiliki passport, segera buat passport Anda dengan menghubungi Agen perjalanan atau Anda bisa mengurus sendiri ke kantor imigrasi. Saya akan berbagi tips nya di artikel selanjutnya.

Selamat Berlibur ^^,

0 comments:

Post a Comment